Rabu, 10 Juli 2013

Selintas Tentang Rumah Baca “Pinggir Kali”




Selintas Tentang
Rumah Baca “Pinggir Kali
PROGRAM peningkatan minat baca di masyarakat kini sedang ditingkatkan dan digalakkan oleh Pemerintah, termasuk Pemerintah Kota Yogyakarta. Program peningkatan minat baca tersebut tidak hanya diperuntukkan bagi anak-anak usia sekolah, kaum  muda, tapi juga kalangan masyarakat luas, termasuk di dalamnya para lanjut usia (Lansia).
Untuk turut serta berpartisipasi dengan program peningkatan minat baca dan menggalakkan gerakan gemar membaca di kalangan masyarakat, sejak tanggal 20 Mei 2010 telah dibuka  Rumah Baca “Pinggir Kali”. Rumah Baca ini berlokasi di rumah pribadi – Tegalpanggung DN 2/895, Yogyakarta, masuk di dalam wilayah RT 55/RW 13 Kelurahan Tegalpanggung, Kecamatan Danurejan.
Jumlah koleksi buku sebanyak 1.975 eksemplar, meliputi 1.750 eksemplar koleksi pribadi (1.500 eksemplar buku dan 250 eksemplar majalah)  dan 225 eksemplar bantuan atau sumbangan. Bantuan atau sumbangan tersebut meliputi: 100 eksemplar buku dan 25 eksemplar majalah bantuan dari Bank Buku Perpustakaan Kota Yogyakarta yang diterima pada tanggal 13 Juli 2010, dan 100 eksemplar buku bantuan dan sumbangan dari warga masyarakat yang diterima pada 26 Juli 2010 dan 10 Januari 2011.
 Buku-buku yang ada itu meliputi buku-buku tentang pelajaran sekolah, politik, sosiologi, psikologi, pengembangan diri, komunikasi/jurnalistik, hukum, ekonomi/bisnis, biografi, agama, budaya, sastra (novel/fiksi termasuk cerita-cerita anak dan cerita rakyat/dongeng), resep-resep masakan, dll. Sedangkan koleksi majalah yang ada antara lain Kartini, Femina, Tempo, Gatra, Intisari, Matra, Ayah Bunda, Joko Lodhang, Liberty, dll. Kemudian majalah anak-anak di antaranya Junior, Momo, Ino, dan Bobo.
Dengan membuka Rumah Baca “Pinggir Kali” ini, diharapkan buku-buku dan majalah yang awalnya merupakan koleksi perpustakaan pribadi tersebut bisa dimanfaatkan dan dibaca oleh masyarakat sekitar, khususnya masyarakat di Kelurahan Tegalpanggung terutama yang berada di seputar pinggir Kali Code. Disamping juga bisa dimanfaatkan oleh masyarakat lainnya di wilayah Kecamatan Danurejan, maupun masyarakat luas di kota Yogyakarta lainnya. Kami juga berharap, semoga Rumah Baca “Pinggir Kali” ini dengan segala keterbatasannya bisa menjadi Taman Bacaan Masyarakat yang benar-benar bermanfaat bagi masyarakat serta dapat membantu percepatan pengembangan budaya baca masyarakat yang kini sedang digalakkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta.
Pengelola gembira, karena sejak dibuka pada 20 Mei 2010 hingga kini animo masyarakat sekitar terutama anak-anak, remaja dan ibu-ibu rumah tangga untuk berkunjung dan memanfaatkan fasilitas di Rumah Baca “Pinggir Kali” cukup membanggakan.
Untuk anak-anak usia PAUD yang belum bisa atau belum lancar membaca, kami sediakan sarana untuk mewarnai dan menggambar, serta buku-buku pengenalan huruf dan angka, maupun permainan-permainan untuk pengembangan kreatifitas anak. Seringkali pula anak-anak mendapat bimbingan dalam cara membaca dan berhitung.

 Kegiatan
     Kegiatan layanan perpustakaan diselengarakan pada:
     Hari                  : Senin sampai Minggu
     Pukul                : 10.00 sampai 20.00 WIB
                                 (khusus anak-anak sampai pukul 17.00)

Ketenagaan
Rumah Baca “Pinggir Kali” dalam aktivitasnya sehari-hari dikelola oleh pengelola:

Ketua/Pengelola          : Sutirman Eka Ardhana
      Sekretaris                    : Ratna Wulan Andriani, SE
      Bendahara                   : Indria Purnamawati


        Pelayanan          : 1. Sutirman Eka Ardhana
                                     2. Indria Purnamawati.
                                     3. Ratna Wulan Andriani, SE
                                     4. Sani Dian Permana, ST
                                     5. Ayu Bunga Indriyana, S.IP
                                             
                                                                                            (***)

2 komentar:

  1. Bagus banget , semoga manfaatnya bagi generasi yang tertinggal masih dapat menikmati kemajuan zaman, tidak lagi tuna modernisasi..

    BalasHapus
  2. Keren... semoga menjadi kebajikan sosial yang bermanfaat .

    BalasHapus